Selasa, 26 Juli 2016

Pengantar Ilmu Komunikasi Oleh Prof. Dr. H. Hafied Cangara, M.Sc (BAB 1)


Daftar Isi



KATA PENGANTAR

BAB 1    PENDAHULUAN
BAB 2    RUANG LINGKUP, PENGERTIAN, DAN UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
BAB 3    TIPE KOMUNIKASI
BAB 4    MODEL KOMUNIKASI
BAB 5    DIMENSI DAN PRESPEKTIF ILMU KOMUNIKASI
BAB 6    FUNGSI KOMUNIKASI
BAB 7    KOMUNIKASI SEBAGAI ILMU YANG MULTIDISIPLIN
BAB 8    KOMUNIKATOR
BAB 9    PESAN (KODE VERBAL DAN NONVERBAL)
BAB 10  MEDIA
BAB 11  GANGGUAN DAN RINTANGAN KOMUNIKASI
BAB 12  PENERIMA
BAB 13  PENGARUH
BAB 14  PERKEMBANGAN TERAKHIR ILMU KOMUNIKASI


DAFTAR PUSTAKA
TENTANG PENULIS



 
 1. Pendahuluan

                          

            Sebagai makhluk sosial manusia senantiasa ingin berhubungan dengan manusia lainnya. Ia ingin mengetahui lingkungan sekitarnya, bahkan rasa ingin mengetahui apa yang terjadi dalam dirinya. Rasa ingin tahu ini memaksa manusia perlu berkomunikasi.
            Dalam hidup bermasyarakat, orang yang tidak pernah berkomunikasi dengan orang lain niscaya akan terisolasi dari masyarakatnya. Pengaruh keterisolasian ini akan menimbulkan depresi mental yang pada akhirnya membawa orang kehilangan keseimbangan jiwa. Oleh sebab itu, menurut Dr. Everett Kleinjan dari East West Center Hawaii, komunikasi sudah merupakan bagian kekal dari kehidupan manusia seperti halnya bernapas. Sepanjang manusia ingin hidup, ia perlu berkomunikasi.

Harold D. lasswell salah seorang peletak dasar ilmu komunikasi lewat ilmu politik menyebut tiga fungsi dasar yang menjadi penyebab, mengapa manusia perlu berkomunikasi.
Pertama, adalah hasrat manusia untuk mengontrol lingkungannya. Melalui komunikasi manusia dapat mengetahui peluang yang ada untuk dimanfaatkan, dipelihara, dan menghindar pada hal-hal yang mengancam alam sekitarnya. Melalui komunikasi manusia dapat mengetahui suatu kejadian atau peristiwa.
Kedua, adalah upaya manusia untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Proses kelanjutan suatu masyarakat sesungguhnya tergantung bagaimana masyarakat itu bias beradaptasi dengan lingkungannya.
Ketiga, adalah upaya untuk melakukan transformasi warisan sosialisasi. Suatu masyarakat yang ingin mempertahankan keberadaannya, maka anggota masyarakatnya dituntut untuk melakukan pertukaran nilai, perilaku, dan peranan.

Apakah Ilmu Komunikasi Perlu Dipelajari?

            Beberapa alas an yang mendorong perlunya komunikasi adalah sebagai berikut.
1.      Komunikasi yang baik dengan orang lain akan membantu seseorang mempermudah mendapatkan rezeki, sahabat, dan pelanggan
2.      Semakin banyak orang yang tidak mengenal etika dalam berkomunikasi. Dalam menyampaikan pendapat atau sonasi seenaknya mengucapkan kata-kata yang bias menyinggung perasaan orang lain sehingga memutuskan tali silaturahmi atau hubungan kemanusiaan mereka, padahal hubungan antar manusia perlu dipelihara dalam memperbanyak peluang bebrusaha dan berkarier.
3.      Dengan mengetahui konsep, teori, dan dasar-dasar praktik komunikasi yang baik, seseorang bias menjadi pekerja komunikasi terampil dan professional dalam melaksanakan tugas-tugas yang diembannya.
4.      Perkembangan teknologi komunikasi yang begitu cepat memaksa orang harus mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru terutama dalam bidang komputer, animasi gambar, dan internet.

0 komentar:

Posting Komentar