3. Tipe
Komunikasi
Komunikasi
dengan diri sendiri (Intrapersonal Communication)
Komunikasi dengan diri sendiri
adalah proses komunikasi yang terjadi di dalam diri individu, atau dengan kata
lain proses berkomunikasi dengan diri sendiri. Sepintas lalu memang agak lucu
kedengarannya, kalau ada orang yang berkomunikasi dengan dirinya sendiri.
Dalam proses pengambilan keputusan
seringkali seseorang dihadapkan dengan pilihan ya atau tidak. Keadaan seperti
inilah yang membawa seseorang pada situasi berkomunikasi dengan diri sendiri.
Komunikasi
antar pribadi (Interpersonal Communication)
Komunikasi antar pribadi yaitu
proses berkomunikasi antara dua orang atau lebih secara tatap muka (R. wayne
Pace 1979)
Menurut sifatnya komunikasi
antarpribadi dibagi menjadi dua yaitu komunikasi diadik dan komunikasi kelompok
kecil.
Komunikasi diadik yaitu proses
komunikasi yang berlangsung antara dua orang dalam situasi tatap muka, seperti
dialog wawancara dan percakapan.
Komunikasi kelompok kecil yaitu
proses komunikasi yang berlangsung antara taiga orang atau lebih secara tatap
muka, dimana anggotanya berinteraksi satu dengan yang lainnya.
Komunikasi
Publik (Public Communication)
Komunikasi publik bias disebut
komunikasi pidato, komunikasi kolektif, komunikasi retorika, public speaking,
dan komunikasi khalayak. Komunikasi public menunjukkan suatu proses komunikasi
dimana pesan-pesan disampaikan oleh pembicara dalam situasi tatap muka didepan
khalayak banyak yang lebih besar.
Komunikasi
publik memiliki cirri komunikasi interpersonal (pribadi) karena berlangsung
secara tatap muka, dalam komunikasi publik penyampaian pesan berlangsung secara
komtinu.
Ciri
lain komunikasi public yaitu pesan yang disampaikan tidak berlangsung secara
spontanitas, tetapi terencana dan dipersiapkan lebih awal.
Komunikasi
Massa (Mass Communication)
Komunikasi massa dapat didefinisikan
sebagai proses komunikasi yang berlangsung dimana pesannya dikirim dari sumber
yang melembaga kepada khalayak yang sifatnya missal melalui alat-alat yang
bersifat mekanis seperti radio, televise, surat kabar, dan film.
Ciri
komunikasi massa yaitu pesannya terbuka dengan khalayak yang variatif, baik
segi usia, agama, suku, pekerjaan, dll.
Ciri
lain yaitu sumber dan penerima dihubungkan oleh saluran yang telah di proses
secara mekanik, pesan komunikasi massa berlangsung satu arah dan tanggapan
baliknya lambat (tertunda) dan sangat terbatas.
0 komentar:
Posting Komentar