Selasa, 26 Juli 2016

BAB 3 Tipe Komunikasi





3. Tipe Komunikasi

Komunikasi dengan diri sendiri (Intrapersonal Communication)

            Komunikasi dengan diri sendiri adalah proses komunikasi yang terjadi di dalam diri individu, atau dengan kata lain proses berkomunikasi dengan diri sendiri. Sepintas lalu memang agak lucu kedengarannya, kalau ada orang yang berkomunikasi dengan dirinya sendiri.
            Dalam proses pengambilan keputusan seringkali seseorang dihadapkan dengan pilihan ya atau tidak. Keadaan seperti inilah yang membawa seseorang pada situasi berkomunikasi dengan diri sendiri.

Komunikasi antar pribadi (Interpersonal Communication)

            Komunikasi antar pribadi yaitu proses berkomunikasi antara dua orang atau lebih secara tatap muka (R. wayne Pace 1979)
            Menurut sifatnya komunikasi antarpribadi dibagi menjadi dua yaitu komunikasi diadik dan komunikasi kelompok kecil.
            Komunikasi diadik yaitu proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang dalam situasi tatap muka, seperti dialog wawancara dan percakapan.
            Komunikasi kelompok kecil yaitu proses komunikasi yang berlangsung antara taiga orang atau lebih secara tatap muka, dimana anggotanya berinteraksi satu dengan yang lainnya.

Komunikasi Publik (Public Communication)

            Komunikasi publik bias disebut komunikasi pidato, komunikasi kolektif, komunikasi retorika, public speaking, dan komunikasi khalayak. Komunikasi public menunjukkan suatu proses komunikasi dimana pesan-pesan disampaikan oleh pembicara dalam situasi tatap muka didepan khalayak banyak yang lebih besar.
Komunikasi publik memiliki cirri komunikasi interpersonal (pribadi) karena berlangsung secara tatap muka, dalam komunikasi publik penyampaian pesan berlangsung secara komtinu.
Ciri lain komunikasi public yaitu pesan yang disampaikan tidak berlangsung secara spontanitas, tetapi terencana dan dipersiapkan lebih awal.

Komunikasi Massa (Mass Communication)

            Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai proses komunikasi yang berlangsung dimana pesannya dikirim dari sumber yang melembaga kepada khalayak yang sifatnya missal melalui alat-alat yang bersifat mekanis seperti radio, televise, surat kabar, dan film.
Ciri komunikasi massa yaitu pesannya terbuka dengan khalayak yang variatif, baik segi usia, agama, suku, pekerjaan, dll.
Ciri lain yaitu sumber dan penerima dihubungkan oleh saluran yang telah di proses secara mekanik, pesan komunikasi massa berlangsung satu arah dan tanggapan baliknya lambat (tertunda) dan sangat terbatas.


0 komentar:

Posting Komentar